Minggu, 13 Mei 2012

Menjangan - Bali Barat

 
MENJANGAN
Jika Anda penikmat wisata bawah air laut seperti diving dan snorkling, jangan lupa untuk berkunjung ke Pulau Menjangan, Bali Utara. Pemandangan bawah laut di tempat ini menjadi semacam kunjungan “wajib” bagi penikmat wisata bawah permukaan laut.
Pulau Menjangan terletak di bagian barat laut Bali. Pulau ini masuk wilayah Desa Labuan lalang Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, dan merupakan bagian Taman Nasional Bali Barat Disebut Pulau Menjangan karena di pulau ini terdapat habitat menjangan (Cervus timorensis) yang saat ini tinggal sekitar 400 ekor. Menjangan-menjangan itu berada di hutan-hutan kecil di pulau seluas 6000 hektar tersebut. Kalau Anda turun dan berjalan-jalan di daratan pulau, kadang-kadang Anda bisa menemui binatang jinak tersebut. Mereka biasanya bersembunyi di semak-semak ketika panas menyengat. Namun ada juga yang tengah makan rumput. Ketika musim panas, jumlah hewan ini bisa bertambah ataupun berkurang karena mereka juga berenang menuju Bali daratan. Nah, kalau Anda beruntung Anda bisa menemukan hewan itu sedang tiduran atau merumput. Melihat menjangan di habitat aslinya tentu berbeda dengan melihatnya di kebun binatang.
Di Pulau Menjangan setidaknya ada delapan poin untuk menyelam ataupun snorkling antara lain Post 1, Cave Point, Pos 2, Bat Caves, Temple Slopes, Coral Garden, Anker Wreck, dan Eel Garden yang berurutan dari barat daya pulau tersebut mengelilingi pulau

POST 1
Pos ini relatif aman untuk penyelam pemula atau sekadar snorkling. Selain itu pemandangannya juga bisa dibilang paling bagus karena tidak terlalu dalam dan terumbu karangnya sangat beragam. Hanya sekitar tiga meter dari bibir pantai Pulau Menjangan ke arah laut, kita sudah bisa mendapatkan pemandangan bawah laut dengan terumbu karang yang indah. Airnya bening dengan suhu sekitar 25 derajat celcius. Tempat ini sangat menakjubkan karena kontur dasar lautnya yang awalnya dangkal mendatar tiba-tiba langsung dalam (drop off). Pada dinding curam itu terdapat berbagai terumbu karang berwarna-warni seperti Millephora sp atau Acrophola sp. Diantara terumbu karang itu ribuan ikan berenang mendekati kita seperti lionfish, stonefish, ikan zebra, maupun jenis lainnya. Menurut catatatn TNBB setidaknya ada 45 jenis terumbu karang, 32 jenis ikan karang, serta sembilan moluska laut yang terdapat di perairan Pulau Menjangan. Seluruh spesies karang dan ikan tersebut bisa kita temukan di Pulau Menjangan. Jarak pandang (visibility) di tempat ini sangat jelas sekitar 20 meter sehingga memungkinkan kita untuk melihat beragam terumbu karang dengan jelas. Luas areal menyelam di pos pertama itu mencapai sekitar dua are.

POST 2
Pos lain yang biasanya dikunjungi adalah pos dua dimana kondisi ombaknya lebih besar dan dalam. Terumbu karang di tempat ini juga tidak sebagus di pos pertama. Pengunjung di Pulau Menjangan biasanya ada yang menambatkan perahu di tempat ini, yaitu umumnya adalah mereka yang bersembahyang. Hal ini karena di Pulau Menjangan juga terdapat Pura Gili Kencana dan Pura Gajah Mada. Pura Gili Kencana termasuk salah satu pura tertua di Bali yang dibangun pada masa pemerintahan Dalem Waturenggong pada abad ke-15. Sementara Pura Gajah Mada dibangun setelah seorang pendeta mendapat wahyu bahwa di Pulau Menjangan terdapat keris Patih Gajah Mada yang terkenal itu. Pura Gajah Mada dibangun di mana pendeta tersebut menemukan keris tersebut. Kedua pura ini ketika odalan (ulang tahun pura) banyak dikunjungi pemedek (umat) termasuk dari Denpasar, Negara, maupun daerah lain di Bali.

WRECK POINT
Di dive site ini terdapat bangkai kapal bekas perang dunia kedua di lokasi ini. Kapal tersebut berada di sebelah utara pulau sehingga lebih dalam, sekitar 40 meter, dan arusnya lebih besar. Penyelam yang menikmati tempat ini biasanya yang kemampuan menyelamnya sudah tinggi. Pemandangan eksotis di tempat ini adalah berbagai terumbu karang yang menempel pada dinding bangkai kapal.





GARDEN EEL
Selain Wreck Point, lokasi lain yang bisa dkunjungi adalah Garden Eel yang terkenal karena belut lautnya. Hal yang paling asik di point ini adalah gorgonian alias kipas laut. Selain itu point ini juga cocok untuk diver pemula karena arusnya yang tidak terlalu besar dan permukaan yang tidak curam. Berbeda misalnya dengan pos satu di selatan Pulau Menjangan yang sedikit datar lalu ada dropp off alias dinding curamnya. Point ini berada di bagian barat laut Pulau Menjangan. Kalau mau langsung dari pos pertama akan mudah karena hanya perlu waktu sekitar 10 menit dengan perahu.


1 komentar:

  1. Minat???
    Bisa hubungi Radiek / PADI MSDT # 493809
    +6281519409999 or +6287877221999
    BB PIN : 22554801
    email : rachmansidik@yahoo.com

    BalasHapus