Senin, 14 Mei 2012

NUSA PENIDA


Nusa Penida adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah tenggara Bali. Tiga pulau yang saling bersebelahan – Nusa Penida, Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. Pulau-pulau batu kapur yang kering ini terletak sekitar 20 kilometer lepas pantai tenggara Bali, dapat dicapai dengan menggunakan speedboat dengan waktu perjalanan kurang lebih 45 menit dari Sanur. Suhu normal sekitar 28C, tetapi arus yang kuat dan thermoclines dapat menurunkan suhu air menjadi sekitar 20C. Arus dan ombak di permukaan laut.
Nusa Penida memiliki beberapa diving site yang bagus antara lain Pesisir Utara, Crystal Bay (Penida Bay),  Manta Point, Batu Meling, Batu Lumbung, Batu Abah, Toyapakeh dan Malibu Point.

PESISIR UTARA (DARI SD KE BATU NUNGGUL)
Tempat yang paling banyak diselami di Nusa Penida, dan untuk alasan yang tepat. Dinding koral yang kaya dan sehat menjadi tempat bernaung puluhan jenis ikan yang menakjubkan. Terdapat banyak jenis koral, termasuk Wire Coral yang panjang melingkar, juga Table Coral dan Dome Coral. Sangat bagus untuk melihat Mola-mola pada musimnya, dan tempat drift diving terbaik di Bali. Seluruh pesisir Utara ini adalah satu deret gosong batu karang yang sehat, dengan sedikitnya lima lokasi dive site yang berbeda dan jumlah titik awal yang tak terhitung banyaknya.

TOYAPAKEH
Toyapakeh memiliki hamparan terumbu karang yang sangat indah, dan di bagian selatan teluk ada area bommies kasar yang kaya dengan warna dan ikan..Koral terbaik di Bali, dengan air yang jernih. Bommies yang menjulang tinggi dan slope yang kaya akan tetumbuhan laut. Pufferfish dan Giant Trevally. Semuanya dan apa saja pernah ditemui di lokasi ini: Mola-mola, hiu, Manta rays, dan berbagai macam ikan laut yang besar. Kadangkala arusnya kuat dan tak dapat diprediksi, kadangkala lembut dan cenderung diam.

CRYSTAL BAY (juga dikenal sebagai Penida Bay)
Bagian dalam teluknya terlindungi dari arus, dengan barisan berbagai macam koral lembut. Bergeraklah keluar teluk dan rasakanlah arus mulai meningkat derasnya, terkadang berusaha menarik Anda turun ke slope pasir dan koral. Tetaplah berada di dekat guide kami yang berpengalaman dan tetaplah berada di dekat gosong batu karang. Bersama mereka arus ini membawa kemungkinan besar untuk bertemu muka dengan gerombolan ikan besar dan juga Mola-mola pada musimnya. Biasanya visibility sangat bagus dan airnya sangat dingin. Di ujung teluk terdapat gua kelelawar dimana Anda dapat naik dan menarik nafas.

GAMAT BAY & TOYAPAKEH WALL
Di dalam Gamat Bay sangatlah indah, tepat di bawah air sejernih Kristal terhampar karpet berwarna warni yang terdiri dari koral keras dan lunak, rumah bagi berbagai jenis Nudibranchs dan makhluk-makhluk macro lainnya, juga bagi beberapa Grouper yang besar. Saat meninggalkan air tenang di teluk ini arus akan membawa Anda sepanjang dinding terusan di antara Nusa Penida dan Nusa Ceningan. Arusnya bisa berubah dengan sangat cepat. Tetapkan kontak yang bagus di dalam grup, dan terus berada di dekat dinding. Sesekali lihat ke terusan untuk mencari hiu dan ikan-ikan besar.

MANTA POINT
Terletak lebih jauh daripada kebanyakan dive site lain di Bali. Tidak hanya terdapat Manta, tetapi juga sering ditemui Nurse Shark dan sejumlah koral lunak. Anda harus cukup fleksibel karena lokasi yang cukup terekspos ini berarti terkadang kondisi laut terlalu berat untuk Kapal agar sampai ke sana, dan saat sampai ombak yang besar membuat peselaman tidak memungkinkan. Akan tetapi bila kondisi laut bagus dan para Manta telah tiba, maka usaha ekstra yang dibutuhkan akan sangat sepadan. Tebing tinggi di atas laut menjadi pemandangan yang sangat dramatis.

BATU ABAH
Ini adalah dive site terjauh, dan juga salah satu yang paling sulit untuk diselami. Akan tetapi dive site yang relative tidak terjamah ini menawarkan semua makhluk laut yang paling dicari di Bali: Mola mola, Manta, Turtle, Sharks. Banyak sekali Lobster & Nudibrancs. Dive site ini menghadap ke laut sehingga kondisinya dapat menjadi sangat keras dengan ombak laut yang sangat besar. Sama seperti halnya dengan Manta Point (di atas), Anda harus cukup fleksibel. Bookingan Anda tidak berarti Anda akan dapat menyelam di sini, Alam menguasai semua dive sites.

MALIBU POINT
Malibu Point adalah salah satu tempat menyelam terbaik di pulau ini dengan terumbu karang abu-abu, terumbu karang berujung putih dan perak serta banyak hiu.


1 komentar:

  1. Minat???
    Bisa hubungi Radiek / PADI MSDT # 493809
    +6281519409999 or +6287877221999
    BB PIN : 22554801
    email : rachmansidik@yahoo.com

    BalasHapus